AH-64 Apache adalah sebuah helikopter tempur bermesin ganda dengan susunan roda
pendaratan jenis tailwheel, dan kokpit tandem untuk dua awak. Apache
dikembangkan sebagai Model 77 oleh Hughes helikopter untuk Angkatan
Darat Amerika Serikat untuk tipe serangan. Helikopter ini diprogram untuk
menggantikan AH-1 Cobra, dan pertama kali dikibarkan pada 30 September
1975. AH-64 diperkenalkan ke layanan US Army pada April 1986.
Night Vision System
AH-64 Apache memiliki fitur sensor untuk target akuisisi dan sistem visi malam. Itu juga
adalah dipersenjatai dengan senjata rantai M230 30 milimeter (1,2 inci)
dilakukan dan dipasang diantara roda pendarat utama, di bawah lambung depan pesawat. Ini
memiliki empat titik yang dipasang pada sayap rintisan pylons, biasanya
membawa campuran rudal AGM-114 Hellfire dan Hydra 70 roket polong. AH-64 memiliki sejumlah besar sistem redundansi untuk meningkatkan survivability tempur.
AH-64 dihasilkan oleh dua buah mesin turbin poros General Electric T700
dengan ekszos terletak tinggi di kedua belah poros rotor. Apache
memiliki empat bilah rotor utama dan empat bilah rotor ekor. Peringkat
kru dalam susunan paralel, di mana pilot akan duduk di belakang dan pada
pembantu pilot-penembak dalam ruang kokpit berperisai. Ruang kru dan
tangki bahan bakar dilindungi sedemikian rupa di mana helikopter
berupaya untuk diterbangkan meskipun menerima tembakan dari senjata
kaliber 23 mm.
Pada pertengahan 1980-an, McDonnell Douglas
belajar desain "AH-64B" dan memperbaiki kokpit, sistem
pengendalian kebakaran yang baru dan upgrade lainnya. Dalam
1988 pendanaan disetujui untuk program upgrade multi-tahap untuk
meningkatkan sistem avionik sensor dan senjata dan menggabungkan
beberapa sistem digital. Bagaimanapun, dengan
cepat peningkatan teknologi menyebabkan program upgrade yang dibatalkan
mendukung perubahan lebih ambisius. Pengembangan lebih lanjut AH-64 D Apache telah disetujui oleh Dewan Pertahanan akuisisi pada Agustus 1990. Prototipe pertama AH-64 D terbang pada 15 April 1992, dan pengujian prototipe berakhir pada April 1995; dilaporkan bahwa mereka telah secara signifikan mengungguli AH-64A. Pada 13 Oktober 1995 produksi skala penuh Apache disetujui, dan kontrak $1,9 milyar lima tahun ditandatangani pada bulan
Agustus 1996 untuk meng-upgrade dan membangun kembali 232 Apaches AH-64A
yang ada. Produksi pertama AH-64 D terbang pada tanggal 17 Maret 1997 dan disampaikan pada 31 Maret. Biaya program AH-64 D berjumlah US$ 11 miliar.
Selama Perang Teluk pada 17 Januari 1991, delapan buah AH-64A dengan dipandu oleh empat buah MH-53 Pave Low III, telah digunakan sebagi pemusnah sebagian jaringan radar Irak untuk memungkinkan pesawat pengebom memasuki Irak tanpa terdeteksi. Ini merupakan serangan pertama semasa Operasi Desert Storm. Helikopter Apache telah membawa muatan bukan normal yaitu roket Hydra 70, Hellfire, dan satu tangki bahan bakar ekternal.
Semasa 100-jam perang di darat, sejumlah 277 buah helikopter AH-64
telah terlibat. Apache memusnahkan lebih 500 buah kereta kebal,
sebilangan besar kenderaan pembawa anggota berperisai dan banyak lagi
kenderaan lain semasa operasi ini.
foto di bawah ini adalah contoh helikopter apache yang sempat tertembak
Ini adalah foto pengiriman Boeing AH-64 Apache untuk U.S Air Force
Salah satu pilot AH-64 Apache terbaik milik UK Army Air corps: Capt. Wales (saudara kandung pangeran william)
Karakteristik umum
- Kru: (2 pilot dan co-pilot/penembak)
- Panjang: 58.17 kaki
- Diameter baling-baling: 48 kaki
- Tinggi: 12.7 kaki
- Luas piringan: 1,809.5 kaki²
- Bobot kosong: 11,387 lb
- Bobot terisi: 18,000 lb
- Bobot maksimum lepas landas: 21,000 lb
- Mesin: 2× turboshaft utama T700-GE-701C & T700-GE-701D (1990-sampai sekarang)
- Sistem rotor: 4 bilah rotor utama, 4 bilah rotor ekor
Persenjataan
- Senjata api: 1× 30x113 mm (1.18x4.45 in) meriam rantai M230, 1,200 butir peluru
- Roket: Roket Hydra 70 FFAR
- Rudal: gabungan peluru berpandu AGM-114 Hellfire, AIM-92 Stinger, dan AIM-9 Sidewinder
Kinerja
- Kecepatan paling maksimal: 197 knot (227 bsj, 365 km/j)
- Kecepatan maksimum: 158 knot (182 bsj, 293 km/j)
- Kecepatan jelajah: 143 knot (165 bsj, 265 km/j)
- Radius tempur: 480 km
- Batas tertinggi servis: 21,000 kaki
- Disc loading: 9.80 lb/kaki²
- Massa: 0.18 hp/lb (310 W/kg)